DONASI PENGEMBANGAN

DONASI PENGEMBANGAN
A/N. HARDIANTO
REKENING BCA : 2839671258

Sunday 16 February 2014

Partitur Musik Angklung dan Proses Latihan

Berlatih merupakan kunci pokok dari peermainan angklung. Tanpa adanya proses ini maka tujuan dari angklung untuk dimainkan seringkali menjadi tidak utuh. Sebagai alat musik yang memiliki dampak bukan hanya perkembangan musikalitas maka diperlukan proses latihan yang tidak bisa tidak harus mendapatkan perhatian yang serius.
Berikut ini adalah panduan berlatih yang diutarakan oleh Begawan Angklung Obby A.R. Wiramihardja.
a. Pembagian angklung baik melodi maupun pengiring serta alat musik pelengkap lainnya.
b. Memperagakan cara dan sikap membunyikan angklung melodi maupun pengiring.
c. Cara menentukan nada (bila menggunakan notasi angka) yang disesuaikan dengan nada dasar (tonika) yang dipakai dan atau menunjukkan letak nada (bila menggunakan notasi balok).
d. Cara membaca partitur, baik menggunakan notasi angka maupun notasi balok, dengan nilai/harga nada dan istirahat serta tanda-tanda/tulisan musik lainnya.
e. Memperhatikan para pemain angklung melodi maupun pengiring, apakah cara membaca dan memainkan alat musiknya sudah benar dan sesuai dengan nilai nada yang tertera/tertulis pada partitur dan langsung memberitahu dan membetulkannya bila pemain membuat kesalahan atau kekeliruan.
f. Mengarahkan agar seluruh pemain untuk menyanyi dan membaca sambil mengikuti ketukan birama, sehingga bunyi angklungnya akan bersambungan dari nada ke nada yang lain (Ingat : 1) Nyanyi / baca, 2) Ketukan, 
3) Nyambung)
g. Berlatihlah dengan cara melatih bagian per bagian dari lagu.
h. Guna mempercepat proses menghapal lagu, gunakan cara membuka dan menutup partitur selain para pemain juga membiasakan melihat dan membaca aba-aba yang diberikan oleh dirigen (conductor).
Usahakan untuk menciptakan suasana latihan yang menyenangkan

Untuk sebagai bahan latihan, silahkan download link di bawah ini untuk memperoleh lagu-lagu sebagai bahan untuk melaksanakan latihan.

Keroncong Kemayoran
Keroncong Pasar Gambir
Keroncong Pasar Gambir hal 2
Jali-jali
Bunga Anggrek
Aryati
Aryati hal 2
Maju Tak Gentar
Halo-halo Bandung
Dwi Warna
Bangun Pemudi Pemuda
Jit Jit Semut
Es Lilin
La paloma
La Paloma hal 2
El Condor Plaza

No comments:

Post a Comment

LAGU CINTA UNTUK KEKASIH