DONASI PENGEMBANGAN

DONASI PENGEMBANGAN
A/N. HARDIANTO
REKENING BCA : 2839671258

Friday 21 December 2012

PENGRAJIN BINAAN BAPAK DAENG SOETIGNA



ASA SUDJANA (Pa Asa)
PENGRAJIN BINAAN BAPAK DAENG SOETIGNA
(wawancara singkat) 

Nama asa Sudjana atau yang biasa disebut Pak Asa mungkin agak sedikit luput dari pengamatan para penggiat angklung secara umum. Pak Asa sebagai salah satu pengrajin yang semenjak tahun 1964 menyertai Bapak Angklung Daeng Soetigna hingga Beliau wafat merupakan salah satu pengrajin yang menempati posisi penting di dalam perkembangan angklung Padaeng, Disamping PERANNYA  yang dipercaya oleh Bapak Daeng Soetigna untuk melaras angklung (nyetem) sehingga bernada.
  
Ikut sertanya Pak Asa  semenjak tahun 1964 menyertai Bapak Daeng Soetigna dalam berkarya membuat Pak Asa cukup bahkan hampir bisa dikatakan memahami betul bagaimana Bapak Daeng Soetigna dalam memproduksi angklung.

"Bapak Daeng Soetigna sendiri memberikan pembinaan khusus kepada (Alm) Bapak Tjep Maman (Anggota Guriang) yang khusus dikadernya dalam hal urusan nyetem. Cuma sayang umur beliau tidak begitu lama sehingga kemampuan tersebut tidak terus berlanjut" (Pak Asa)


Bersama rekannya Pak Maman (alm)  dari Cigending Ujungberung Bandung, Pak Odim (alm) dari Cigereleng, Pak Adun dari  Banjaran,  Pak Soma (alm)  dari Cililin, Pak Asa bahu membahu melaksanakan intruksi Pak Daeng Soetigna untuk membuat angklung dengan standard dan kwalitas yang dikehendakinya. Dari mulai pengenalan jenis bambu, masa tanam, pembuatan awal, rangka, tabung sampai pada akhirnya memberikan suara (melaras nada) semuanya secara detail betul-betul diperhatikan. Hal ini barangkali yang membuat angklung yang dibuat oleh Bapak Daeng Soetigna memiliki kekuatan dan kwalitas yang baik.


Pak Asa sampai saat ini masih terus melanjutkan upayanya dalam mengembangkan angklung Padaeng dengan tetap memilih jalur produksi sebagai garapannya. (bersambung…….)

No comments:

Post a Comment

LAGU CINTA UNTUK KEKASIH